TRENDING

Jumat, 21 Oktober 2011

5 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Ketinggiannya memang luar biasa, bisa mencapai tinggi hingga 1 km. Air yang terjun bebas kedasarnya menciptakan cipratan air yang luar biasa indahnya. Belum lagi panorama alam yang mengitarinya, menjadikan beberapa diantaranya sebagai tujuan utama wisata di beberapa negara tempat air terjun ini berada. Berikut 5 air terjun tertinggi di Dunia.

1. Air Terjun Angel (979 m)
Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggiannya yang mencapai 979 meter. Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Malaikat “untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui“) yang berarti “Gunung Setan”.


2. Air Terjun Tugela (948 m)
Air Terjun Tugela adalah air terjun tertinggi ke dua di dunia. Total ketinggiannya mencapai 948 meter. Terletak di Drakensberg (Pegunungan Dragon) tepatnya di Taman Nasional Royal Natal di Kwazulu-Provinsi Natal, Republik Afrika Selatan. Air dari air terjun ini bersumber dari Sungai Tugela.




3. Air Terjun Cuquenan (670 m)
Air Terjun Cuquenan adalah air terjun utama kedua tertinggi di Venezuela setelah Salto Angel. Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 2000 kaki (670 m) dengan dasarnya di Kukenaan Tepui. Kukenan Tepui terletak dekat Gunung Roraima, yang juga berfungsi sebagai penanda geografis perbatasan antara Brasil, Venezuela, dan Guyana. Gunung Roraima juga menjadi tempat dimana air terjun Cuceqenan berada. Karenanya ada juga yang menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Roraima.



4. Air Terjun Sutherland (580 m)
Air Terjun Sutherland adalah air terjun yang terletak dekat Milford Sound di Pulau Selatan Selandia Baru. Ketinggian air terjun ini adalah 580 meter (1.904 kaki) yang merupakan air terjun tertinggi di Selandia Baru. Dasar Air Terjun Sutherland, dapat dicapai sekitar 1,5 jam berjalan kaki dari Quintin Shelter di Milford Track.



5. Air Terjun Ribbon (491 m)
Air Terjun Ribbon terletak di Taman Nasional Yosemite di California, mengalir dari tebing di sisi barat El Capitan, dan merupakan salah satu dari terjun terbesar di Amerika Utara yang bersumber dari mencairnya salju musim dingin. Ketinggian air terjun ini mencapai  1.612 kaki (491 m) di musim semi.

Poskan Komentar

 
Back To Top