TRENDING

Kamis, 30 Mei 2013

Terapi Galau Rindu

Alhamdulillah, akhirnya saya dapat berbagi informasi kembali sobat. Di pagi yang cerah ini saya menyempatkan untuk memberi postingan bagi kalian yang merasa galau karena LDR (Long Distance Relationship) atau lebih enak di bilang Pacaran Jarak Jauh (jauhnya seberapa ? tanya eyang subur aja). Saya juga minta do'anya sobat, karena minggu ini saya sedang menghadapi ujian kenaikan kelas (nakal, bukannya belajar malah update blog :) , sedikit curhat tak apalah )
 
Terapi Galau Karena LDR


                 Jatuh cinta berjuta rasanya. (Pahit, getir, manis, asam kali ?) makan jadi nggak enak, tidur pun nggak nyeyak. Kerinduan makin memuncak dan pengennya selalu bersama dan berdua.

        Nggak terbayang deh gimana rasanya hati ketika virus merah jambu hampir dan bersemayam di hati. Yang pastinya hati akan di tawan oleh makhluk yang bernama cinta. Dan menjadi kewajaran dan hak normal, sebagai manusia kita nggak akan pernah lepas dengan yang namanya cinta. kita juga tahu kalau cinta sendiri tidak akan menyisahkan kecuali buah kerinduan terhadap orang di cinta.
             Pacaran jelas nggak mungkin karena nggak halal menurut agama. Nikah ? sepertinya juga kecil kemungkinan bagi kita yang masih remaja untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Akhirnya alternatif hubungan pun di jalani. Facebook, Inbox, Chating dan telepon jadi pilihan. Inilah yang kerap menimpa kaum muda kita, tak terkecuali aktifis dakwah. Biar nggak dikira pacaran, "hubungan rahasia lewat sms dan chating bahkan telepon di bina. Tapi benarkah ? Tentu jawabannya tidak.
          Terus bagaimana solusi terbaik untuk kita yang berusia remaja dan baru masa-masanya mengenal cinta ? Akankah rasa cinta kita disalurkan di jalur yang nggak halal ? Silahkan ikuti solusi terbaik berikut ini !
   1.    Nikah solusi utama.
          Ternyata rasa cinta memang sudah ada sejak dulu kala dan Rasulullah saw pun telah memberikan solusi bagi kita yang jatuh cinta dengan segera menikah
                Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki kemampuan, maka menikahlah. Karena itu akan lebih menundukkan pandangan dan leih menjaga kemaluan.Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.”
                Maksud dari mampu menurut para ulama adalah berjima’(berhubungan badan) dan mampu memberikan nafkah. Walhasil, kamu yang sudah memiliki dua kemampuan ini jangan ragu untuk segera menikah. Tapi kalau kamu belum mampu, banyak melakukan berpuasa menjadi cara handal dari rasa cinta dan rindu yang terpendam.
   2.    Ikhlas Ibadah
                Sungguh, ketika hati telah merasakan manisnya ibadah kepada Allah dan ikhlas kepada-Nya, pastinya ia tidak akan menjumpai hal-hal lain yang lebih mani, lebih indah, lebih nikmat serta lebih baik daripada Allah. Manusia tidak akan meninggalkan sesuatu yang di cintainya, melainkan setelah memperoleh kekasih lain yang lebih dicintainya. Atau karena adanya sesuatu yang membahayakannya.
                Yap, ketika kita sudah merasakan kenikmatan ibadah dan cinta kepada Allah, niscaya kita nggak akan berpaling kepada sesuatu yang lebih rendah darinya. Dan sebaliknya hati yang nggak ikhlas akan selalu gamang dan didera gelombang nafsu, keinginan, tntutan serta cinta yang memabukkan.
   3.    Jaga Mata
                Mata adalah pintu gerbang. Mata dan pandangan menjadi sebab terbesar seseorang terperangkap cinta yang pada akhirnya akan melahirkan kerinduan di dalam hati terhadap dicinta. Karenanya, Rasulullah memerintahkan kita untuk menundukkan pandangan agar hati tetap terjaga.
                “Aku bertanya kepada Rasulullah tentang pandangan yang Cuma selintas (tidak sengaja). Kemudian Rasulullah memerintahkan kepadaku agar aku segera memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim)
              Terus apa maksud dari menahan pandangan disini ? Menahan pandangan disini artinya menundukkan pandangan dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Selain itu ada manfaat luar biasa yang dihasilkan dari menjaga pandangan kita;
1.       Merasakan manis dan lezatnya iman.
2.       Akan member cahaya pada hati dan memilih firasat yang bagus.
3.       Hati menjadi lebih kuat.

  4.    Isi waktu, Persibuk diri
                Sibuk disini maksudnya adalah sibuk dalam kebaikan. Agar tidak banyak waktu kosong yang memungkinkan hati memikirkan orang yang dicinta, aktifitas yang padat plus manfaat bias membantu meredamnya. Belajar agama, membaca Al Qur’an dan memahaminya, banyak berdzikir serta olahraga sebagai contohnya. Karena jia kita tidak sibuk dengan hal yang bermanfaat maka otomatis kita akan terkalahkan dan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia.
  5.    Lagu dan Sinetron, nggak deh.
              Lagu  dan sinetron serta film cinta bisa menjadi pemicu tertawannya hati pada orang yang di cinta. Karenanya, tutup dan buang segala hal yang menyebabkan hati kita menjadi kotor. Kita ganti dengan hal-hal yang bisa menghidupkan dalam hal yang positif fan diridhai oleh-Nya. So, jangan sungkan untuk mengucapkan selamat tinggal pada lagu dan film picisan.
  6.    Berdoa dan memohon
                Doa adalah tameng bagi kita. Doa adalah kebutuhan kita. Makannya, setip kali kita dalam kesulitan dan kesedihan, doa menjadi senjata ampuh untuk mengenyahkannya. Adakalanya dalam doa kita ada tiga kemungkinan yang kita dapatkan, seperti sabda Rasulullah :
                “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi ( antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal : Allah akan segera mengabulkan do’anya, Allah akan menyimpannya beginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelkan yang semisal.” (Riwayat Ahmad dengan sanad yang bagus). 
                Termasuk dalam hal ini, ketika kita memohon dan memperbanyak disertai kesungguhan dalam berdoa agar dibebaskan dari penyakit rindu dan cinta yang menyiksa, Allah akan menghilangkannya, Insyaallah.
                Itulah sobat, beberapa kiat kita agar nggak lagi terjebak dalam tipuan cinta sekaligus menjadi terapi hati yang sedang galau dilanda rindu.

Source by Elfata Magz
               

2 komentar :

  1. galau ad teraphy nya juga ya,,hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, yaiyalah gan, apalagi ini galaunya karena galau rindu..

      Hapus

 
Back To Top